ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. NUSANTARA INTI CORPORA TBK

  • Rika Nur Sapitri STIE Kridatama Bandung
  • Sri Maria Ulfha STIE Kridatama Bandung
  • Dewi Untari Politeknik Kridatama Bandung
Keywords: laporan keuangan, kinerja, analisis laporan keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Laporan Keuangan untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan. Metode dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara dan itu mempelajari, mencatat, mengklasifikasikan data. Berupa laporan keuangan tahunan PT.Nusanta Inti Corpora Tbk periode 2015-2019 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan untuk pertimbangan dalam membuat kebijakan dan strategi perusahaan dalam meningkatkan kinerja keuangannya. Dari hasil penelitian ini adalah 1) kinerja keuangan PT.Nusanta Inti Corpora Tbk di tinjau dari likuiditasnya diukur  menggunakan current rasio dan quick rasio  periode 2015-2019 perusahaan tidak likuid karena nilai rasio kurang dari standar industri. 2) kinerja keuangan PT. Nusanta Inti Corpora Tbk di tinjau dari solvabilitasnya di ukur menggunakan debt to asset ratio perusahaan masih di atas standar industri karena semakin tinggi rasio ini semakin beesiko keuangannnya. Dan debt to equity ratio menunjukkan bahwa pada tahun 2015 -2019 perusahaan tidak solvable karena perusahaan juga masih di bawah standar industri. 3) kinerja keuangan PT.Nusanta Inti Corpora Tbk ditinjau dari profitabilitas, diukur dengan menggunakan return on asset (ROA) tahun 2015-2019 memiliki profitabilitas yang kurang baik dalam  menghasilkan laba dan untuk return on equity (ROE) tahun 2015-2019 perusahaan menunjukkan profit yang kurang baik karena keuntungan yang diperoleh masih di bawah standar, yang kurang baik dalam pengembalian modal.

 

Kata kunci : Laporan Keuangan, kinerja, Analisis Laporan Keuangan

References

Agnes, Sawir. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Edisi Kelima, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Agus, Sartono. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Darsono dan Ashari. 2015. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Fahmi, Irham 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Harahap, Sofyan Syafri. 2012. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prastowo, Dwi, Rifka Juliaty. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua.AMP YKPN: Yogjakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-04-01
How to Cite
Rika Nur Sapitri, Sri Maria Ulfha, & Dewi Untari. (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. NUSANTARA INTI CORPORA TBK. Bulletin of Management and Business, 2(1), 61-72. https://doi.org/10.31328/bmb.v2i1.135
Section
Article Text