Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Pengetahuan Akuntansi, Literasi Keuangan dan Ekspektasi Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada UMKM di Ponorogo)

  • Nuzulul Rahmayanti Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Khusnatul Zulfa Wafirotin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Iin Wijayanti Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Keterbatasan dan kelemahan yang ada di UMKM menunjukkan bahwa kelemahan dan ketidakmampuan untuk menyediakan dan menggunakan informasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, pengetahuan akuntansi, literasi keuangan dan ekspektasi usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Jenis Penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan data primer yang diperoleh langsung dari responden penelitian yaitu para pelaku usaha UMKM jenis industri di Kabupaten Ponorogo sebanyak 150 UMKM. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (2) Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (3) Literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (4) Ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (5) Secara simultan variabel persepsi pelaku usaha mikro kecil menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, literasi keuangan dan ekspektasi usaha berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi di Kabupaten Ponorogo.

Published
2022-07-01
How to Cite
Nuzulul Rahmayanti, Khusnatul Zulfa Wafirotin, & Iin Wijayanti. (2022). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Pengetahuan Akuntansi, Literasi Keuangan dan Ekspektasi Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada UMKM di Ponorogo) . Journal of Public and Business Accounting, 3(1), 61-75. https://doi.org/10.31328/jopba.v3i1.225
Section
Article Text