Peran Akuntansi Dalam Penjualan Produk Melalui Sistem Jaringan (Studi Empiris Kelompok Pemasar Produk Secara Sistem Jaringan Di Ponorogo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sistem akuntansi dalam pencatatan penjualan produk dengan sistem jaringan pada kelompok pemasar di Kota Ponorogo. Sistem akuntansi yang baik diperlukan untuk menyajikan informasi keuangan yang akurat guna mendukung pengambilan keputusan oleh pelaku usaha, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode analisis kualitatif dan teknik analisis komparatif, yaitu membandingkan praktik pencatatan akuntansi pelaku usaha dengan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencatatan akuntansi yang terstruktur mendukung pemantauan aktivitas penjualan dan perkembangan usaha secara efektif. Temuan ini berkontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis akuntansi dan menjadi masukan praktis bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan profesionalisme usaha mereka.
References
Andrianto. 2016. Pencatatan Akuntansi pada usaha mikro , kecil dan menengah (UMKM) terhadap implementasi stantar akuntansi entitas tanpa akuntanbilitas ublik. Artikel : Majalah Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Fitriati, Rachma. 2015. Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif. Jakarta: Buku Obor Adipoetra, Wilhelmia. 2004. Upaya Peningkatan Kinerja Pemasaran dengan Konsep Marketing Strategy Making Process Melalui kreatifitas Strategi dan Pembelajaran Organisasional. Tesis. Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi Kelima. Universitas Diponegoro. Semarang.
Griffin, J. 2007. Customer Loyalty. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga
Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketujuh. Yogjakarta: Penerbit Liberty
Tjiptono, F. 2008. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset
Kotler, Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi duabelas : Erlangga.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
Santoso, Slamet. 2018. Keunggulan Kompetitif Kelompok Pedagang Sektor Informal Pendatang. Jurnal Aristo. Volume 6 nomor 1 Januari 2018. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Muhammadiyah Ponorogo.
Santoso, Slamet dan Harsono, Jusuf. 2013. Pola Solidaritas dan Mobilitas Kelompok Pedagang Angkringan di Kota Ponorogo; Tahun kedua: Pola Mobilitas Kelompok Pedagang Angkringan Asal Jawa Tengah ke Kota-Kota di Jawa Timur , Penelitian Fundamental yang didanai oleh Ditjen Dikti depdiknas RI, dengan surat perjanjian Penelitian Nomor 023/SP2H/PDSTRL/K7-KL/II/2013.
Santoso. Slamet. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Plus Aplikasi Program SPSS. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Supranto. J. dan Nandan limakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media
Copyright (c) 2025 iin wijayanti, Riza Dessy Nila Ayutika, Yeni Cahyono, Khusnatul Zulfa W (authors)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.